5 Alasan Kenapa Lebih baik punya Rumah sendiri daripada Ngontrak terus Menerus


Perlu diketahui Saat ini, harga properti cenderung naik dari tahun ke tahun. Kenaikannya juga tergolong signifikan, apalagi untuk rumah dengan kualitas bangunan yang bagus.
Namun, tidak semua orang memiliki kondisi finansial yang sama. Sehingga tak dapat dipungkiri jika mengontrak menjadi pilihan terbaik. Namun, Anda perlu berpikir dua kali ketika ingin mengontrak. Apalagi untuk jangka waktu yang sangat lama.
Meskipun kondisi finansial tidak sebaik orang lain tapi Anda perlu memiliki rumah. Setidaknya satu rumah saja. Mengapa?
Ini alasannya:
1. HARGA RUMAH SEMAKIN MENINGKAT
Tak dapat dipungkiri, harga rumah naik dari tahun ke tahun. Jika saat ini Anda belum memiliki rumah, sudah seharusnya mulai memikirkan cara untuk untuk membeli rumah. Jika terus-menerus menunda keinginan ini, yang ada harga rumah semakin naik. Akibatnya jadi tidak mampu lagi untuk membeli rumah karna harganya semakin sulit untuk dijangkau.
Bila terhalang oleh faktor finansial, Anda bisa memanfaatkan fasilitas KPR.
Ada banyak pilihan rumah murah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Misal rumah subsidi yang harganya murah dan angsurannya ringan, Angsuran rumah subsidi sama saja seperti membayar kontrakan, dan Angsurannya plat sampai lunas.
2. LEBIH NYAMAN
Apapun alasannya, tinggal di rumah sendiri itu jauh lebih nyaman. Anda dapat melakukan apa saja sesuai keinginan. Ingin mendekorasi rumah, renovasi, mengecat rumah? Semuanya dapat dilakukan. Anda juga boleh tinggal sampai kapanpun karena status kepemilikannya sudah milik pribadi. Berbeda dengan mengontrak, dimana Anda kerap kali dihantui dengan biaya sewa dan berapa lama lagi akan mengontrak.
Bayang-bayang ini tentu saja menyebalkan. Untuk itu, lebih baik membeli rumah pribadi. Memang biaya yang dikeluarkan terlihat lebih besar di awal. Namun seiring berjalannya waktu, semua biaya dapat dilunasi dan Anda dapat tinggal dengan nyaman, tenteram, dan damai.
3. SEBAGAI INVESTASI YG MENJAJIKAN
Properti seperti rumah memang menjadi investasi yang sangat menjanjikan. Harganya juga semakin mahal seiring berjalannya waktu. Sebagai jaminan hari tua nanti, rumah dapat dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan. Harga jual yang cenderung tinggi membuat Anda mampu memperoleh keuntungan berkali-kali lipat dari sebelumnya. Keuntungan tersebut nantinya dapat digunakan untuk membeli rumah baru atau menambah aset investasi yang lainnya. Sangat menggiurkan, bukan? Untuk itu, jangan ragu untuk membeli sebuah rumah. It’s now or never?
4. SEBAGAI PRESTISE
Bayangkan jika Anda memiliki rumah sendiri tentu saja Anda akan merasa bangga pada diri Anda sendiri. Apalagi jika di usia yang masih tergolong sangat muda dan belum menikah. Pasti banyak tetangga dan keluarga yang mengacungkan jempol jika hal ini terjadi, benar kan?!
Memiliki rumah sendiri akan langsung menaikkan harkat dan martabat Anda di depan banyak orang. Sehingga orang tidak akan meremehkan Anda.
Selain mendapat pujian, Anda juga dapat menyambut tamu kapanpun. Karena rumah ini adalah rumah Anda sendiri, jadi pintu rumah terbuka lebar bagi siapapun yang ingin datang berkunjung. Anda, teman, sodara dan kerabat juga tidak perlu takut lagi jika harus membuat keributan di dalam rumah. Toh tidak akan ada yang datang memarahi, kecuali tetangga yang merasa terganggu.
5. BISA DI BISNISKAN KEMBALI / DISEWAKAN
Keuntungan lain dengan memiliki rumah sendiri ialah peluang memanfaatkannya sebagai alat bisnis seperti dikontrakan atau dijadikan kos-kosan. Selain itu rumah juga bisa dijadikan tabungan untuk anak-anak Anda di masa depan, baik sebagai warisan atau dijual kembali. Proses memiliki rumah sendiri memang tidak semudah jika dibandingkan sekedar mengontrak, tetapi keuntungan yang didapat tentu lebih besar.
Kabar baiknya.. Saat ini di perumahan subsidi Sukamanah Residence Cikarang tersedia sekitar 100 unit rumah ready stok type 29/60, yang terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.
Sukamanah residence itu dimana.???
Lokasi di Jl.pilar sukatani Cikarang utara
Lokasinya strategis dekat dengan :
- Terminal & Stasiun cikarang
- Dekat dengan mall SGC & Pasar tradisional cikarang
- Dekat dengan sekolah & tempat ibadah
- Transfortasi umum 24 jam K-18 Cikarang-sukatani
- KRL Commuter line & jalan toll yang menghubungkan antara Jakarta & Cikarang yang akan selesai 2018
- Dan Masih banyak lagi fasilitas yang lain yang akan menunjang kebutuhan Anda, Info lengkap bisa lihat disini
Untuk rumah ready masih harga lama yaitu 141.000.000
Cicilan 900ribuan/bulan, plat sampai lunas, yang artinya sampai rumah lunaspun cicilannya gak berubah.
Dengan cicilan segitu sama saja seperti anda membayar kontrakan tiap bulan. Dan 3 tahun kemudian juga cicilan segitu pasti sudah berasa ringan pastinya..
Kalo di pikir-pikir daripada ngontrak mending ambil rumah subsidi..
Kalo ngontrak di bayarin tiap bulan juga gak bisa jadi milik sendiri
Kalo ambil rumah subsidi ketauan di bayarin juga bisa jadi hak milik.
Berapa total biaya yang harus dikeluarkan jika ingin ambil rumah standarnya.???
Rincian:
- Dp/uang muka Rp 1.500.000
- Biaya Proses KPR Rp 2.500.000
- Booking Fee Rp 1.000.000
Jadi Total Rp 5.000.000 bisa di cicil selama 4 bulan ( untuk rumah indent )
Untuk biaya surat-surat saat ini masih free
Untuk rumah yang ready stok di Sukamanah Residence adalah rumah yang posisinya di hook/sudut atau ada kelebihan tanahnya.
Berapa meter hooknya.??
Kelebihan tanah (hook) rata-rata 30 meter, di kali 1 juta/meternya.
Berarti kalo hooknya 30 meter = 30 juta?? Betull..!!!
Nah.. kalo kita pengen ambil rumah yang ada hooknya total biaya berapa.??
Rinciannya kurang lebih Seperti ini:
- Uang muka rumah Standar Rp 1.500.000
- Biaya Proses KPR Rp 2.500.000
- Booking Fee Rp 1.000.000
Jadi Total Rp 5.000.000
Di tambah Biaya Hook 30 meter kali 1 juta = 30 juta.
‎Untuk pembelian Hook di kenakan biaya ppn 15% dari total harga hook, atau sekitar 4,5 jutaan.
‎Jika hook 30 meter berarti total 34,5 jutaan
Biaya rumah standar Rp 5 Juta
Biaya hook Rp 34,5 Juta
Total biaya Rp 35 juta.
Sedangkan untuk biaya hook bisa di cicil 500rb/bulan, dicicil sampai lunas.
Gimana apakah anda tertarik untuk ambil rumah subsidi yang angsuranya tetap sampai lunas.???
Atau mau bayarin rumah orang terus sambil nunggu harga rumah naik.???
Ingatt.. tinggal di rumah sendiri itu jauh lebih nyaman. Anda dapat melakukan apa saja sesuai keinginan. Ingin mendekorasi rumah, renovasi, mengecat rumah? Semuanya dapat dilakukan. Anda juga boleh tinggal sampai kapanpun. Berbeda dengan mengontrak, dimana Anda kerap kali dihantui dengan biaya sewa dan berapa lama lagi akan mengontrak.

Mungkin Anda Juga Menyukai: